Universitas Terbaik Negara Belanda

Universitas Terbaik Negara Belanda Dengan Fasilitas Mewah

Universitas Terbaik Negara Belanda – Kuliah di eropa merupakan impian banyak orang salah satu negara favorit untuk kuliah adalah Belanda, yup negara yang pernah menjajah Indonesia selama 3,5 abad ini menjadi salah satu destinasi yang banyak diminati oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia untuk meneruskan jenjang pendidikannya, banyak universitas terbaik di Belanda, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut nih

Nama Universitas Terbaik Negara Belanda

  • Universiteit Leiden

Universitas Terbaik Negara Belanda yang pertama adalah universitasnya fisikawan yang terkenal dengan teori atom E=MC² nya. Yap, Albert Einstein adalah alumni Leiden ini. Universitas tertua sekaligus terbaik di negeri Flying Dutchman ini. Jadi reputasinya tak perlu ditanyakan lagi. Universitas Leiden ini didirikan pada 1575 oleh William I, salah satu pendiri monarki Belanda. Universitas ini merupakan induk dari 40 institusi riset yang memiliki hubungan dengan banyak pemimpin, baik nasional maupun internasional. Sebanyak 23 ribu mahasiswa memilih kampus ini sebagai tujuan studi untuk berbagai subjek, dari mulai program sarjana hingga doktor.

Universitas Terbaik Negara Belanda selanjutnya ada University van Amsterdam. Universitas ini berdiri di ibukota Netherland alias Belanda, kota Amsterdam. University van Amsterdam salah satu universitas tertua di negeri Flying Dutchman. Bahkan, bisa dikatakan universitas ini adalah yang peminatnya paling banyak di sana.Kampus ini Berdiri pada tahun 1632. Universiteit van Amsterdam merupakan institusi pendidikan tinggi terbesar di Belanda. Awalnya perguruan tinggi ini bernama Athenaeum Illustre. Didirikan oleh pemerintah kota Amsterdam dan diteruskan oleh dua profesor bernama Gerardus Vosius dan Caspar Barlaeus. Layaknya perguruan tinggi di Eropa pada umumnya, kedokteran adalah jurusan pertama yang ada di universitas ini. Kampus ini . Sekarang 31 ribu mahasiswa belajar di Universiteit van Amsterdam, kampus ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dengan banyak kelas bahasa Inggris pada program master.

  • Universiteit Utrecht

Universitas Utrecht ini berdiri tegak di kota Utrecht. Tempat di mana Irfan Bachdim pernah menimba ilmu sepak bola di sini. Hehe, FC Utrecht maksudnya, kebetulan masih satu kota.Universitas ini berdiri pada tahun 1636. Didirikan oleh seorang profesor dalam bidang Teologi bernama Gisbertus Voetus. Ia jugalah yang mengirim pesan kepada seorang profesor matematika dan hukum bernama Bernardus Schotanus untuk memimpin universitas ini. Jadi ketika awal berdiri, praktis keilmuan merekalah yang menjadi acuan jurusan.

Yap, awalnya hanya ada tiga fakultas saja yang meliputi teologi, kedokteran dan hukum.Alumninya telah meraih 12 gelar Nobel dari berbagai bidang. Alumninya juga kebanyakan tidak jauh-jauh dari tiga bidang awal universitas ini. Teologi, kedokteran, hukum, dan tentunya sains. Satu nama Indonesia yang terkenal pernah berkuliah di sini adalah Adnan Buyung Nasution. Pakar hukum ternama di negeri tercinta ini.

  • Technische Universiteit Delft

Universitas ini mungkin sangat familier buat mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di sana. Berdiri di sebuah kota bernama Delft. Kota ini bisa dikatakan “Imogirinya Belanda” Karena di sinilah raja-raja dan para ratu Belanda dimakamkan. Technische Universiteit Delft berdiri pada tahun 1842 oleh Raja William II. Dari awal berdiri memang universitas yang awalnya bernama Royal Academy ini ditujukan untuk pengembangan ilmu teknik. Tak heran jika dikemudian hari universitas ini berevolusi menjadi sebuah perguruan tinggi berbasis teknologi.

Sesuai dengan namanya, kampus ini fokus pada disiplin ilmu teknik, komputer, matematika, ilmu terapan, dan manajemen teknologi dengan total 19.500 mahasiswa. Sudah dua gelar Nobel yang diraih alumninya. Ada satu alumninya yang sangat terkenal yaitu Jaap Hartsen, seorang teknokrat pencipta jaringan Bluetooth yang kita pakai untuk berbagi media dan pesan di hampir semua perangkat gadget.

  • Rijks Universiteit Groningen

Nama lainnya adalah Universitas Groningen. Ayay, sesuai namanya universitas ini berdiri tegak di kota Groningen. Universitas Groningen merupakan salah satu universitas tertua di negeri Flying Dutchman setelah Leiden. Kampus ini menduduki peringkat lima terbaik di Belanda. University of Groningen memiliki sejarah yang panjang dalam membuat terobosan, termasuk astronot Belanda pertama.

Kampus ini juga termasuk salah satu tujuan favorit bagi mahasiswa internasional. Saat ini universitas ini memiliki lebih dari 30.000 mahasiswa. Terdapat 9 fakultas dan 1 college yang meliputi ekonomi dan bisnis, teologi dan ilmu agama, hukum, seni, tata ruang (spasial), ilmu sosial, matematika, filsafat, dan matematika. Alumninya kebanyakan merupakan ilmuwan di bidang sains. Bahkan peraih Nobel satu-satunya dari universitas ini bernama Heike Kamerlingh Onnes merupakan peraih Nobel dari bidang Fisika.

Kembali ke Amsterdam, ada universitas yang dari namanya mirip dengan salah satu universitas di Berlin. Sama-sama menggunakan kata “Freie” atau di Belanda disebut “Vrije” yang artinya kebebasan. Vrije Universiteit Amsterdam berdiri tahun 1880. Didirikan oleh sebuah denominasi Kristen Protestan aliran Calvinis yang dipimpin oleh Abraham Kuyper di Amsterdam. Dia adalah seorang teolog Calvinis di negeri Belanda dan seorang Perdana Menteri yang menjabat antara tahun 1901-1905.Sama dengan kebanyakan universitas di Belanda lainnya, universitas ini memiliki 7 fakultas yang meliputi seni, teologi, hukum, bisnis, sains, humaniora, dan ekonomi. Serta memiliki 1 college yang bekerja sama dengan Universiteit Amsterdam bernama Amsterdam University College. Oh ya, mahasiswa yang berkuliah di sini sekitar 20.000 orang. Alumninya banyak yang menjadi politisi, teologi, dan ilmuwan di bidang humaniora.

  • Universiteit Twente

Universitas yang satu ini lokasinya berada di kota Enschede. Sebelah timur negeri Flying Duthman ini. Berbatasan langsung dengan negara Jerman. Universitas ini baru berdiri pada tahun 1961. Jika dibandingkan dengan universitas di atas yang ini jauh lebih muda. Universitas Twente awalnya berbasis teknik dan bernama Technische Hogeschool Twente. Meskipun begitu lambat laun universitas ini mengembangkan orientasi ekonomi dan kontribusinya pada bidang sosial. Namun tetap teknologi adalah trademarkkedua universitas ini.

Nyatanya meski orientasinya ekonomi dan sosial, universitas ini memiliki lima fakultas yang tidak jauh-jauh dari kata teknik dan teknologi. Antara lain fakultas ilmu etika manajemen dan ilmu sosial, teknik teknologi, teknik listrik matematika dan ilmu komputer, sains dan teknologi, dan geologi.

Meskipun begitu tidak salah menjadikan universitas ini sebagai rujukan utama karena perguruan tinggi ini merupakan yang terbaik di Belanda untuk urusan entrepreneur. Bagi yang ingin mempelajari ekonomi, bisa dijadikan referensi utama jika ingin belajar di sini. Alumninya kebanyakan adalah politisi dan businessman Belanda. Ada juga yang menjadi ilmuwan di bidang Fisika. Bahkan dua ilmuwan fisika dari universitas ini pernah meraih Spinoza Prize dan Swan Medal yang setingkat dengan gelar Nobel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *